Pengembangan Bank Sampah di wilayah perdesaan mampu menciptakan lingkungan hidup yang sehat dan bersih. Pengelolaan sampah yang tepat akan menciptakan produk-produk olahan yang menjadi sumber ekonomi keluarga. Bank Sampah Tri Guyub Rukun, Desa Trirejo, Kecamatan Loano, Purworejo menjadi bagian dari inisiatif cerdas desa dalam mewujudkan prinsip-prinsip desa ekologis.

Keberadaan Bank Sampah menyelesaikan persoalan sampah di Desa Trirejo. Sampah selama ini menjadi momok mengerikan bagi setiap orang, karena dari sampah itu banyak menimbulkan polusi dan mengganggu kesehatan. Keberadaan Bank Sampah Tri Guyub Rukun tak sekadar menyelesaikan masalah sampah, tapi mereka mampu mengembangkan kerajinan berbahan baku sampah.

Bank Sampah dikelola oleh kelompok pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Trirejo. Keberadaan Bank Sampah membuat kualitas lingkungan hidup tetap terjaga, sekaligus menumbuhkan roda ekonomi desa.

Nama Bank Bank Sampah Tri Guyub Rukun
Alamat Jalan Raya Trirejo, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah
Penanggung jawab Dwi Dharmawan, Kepala Desa Trirejo
Kontak +62 856-4267-3678
Website http://trirejo.desa.id
Fasilitas Mesin press, mesin pengayak sampah organik, gudang penampungan, kendaraan pengangkut, dan sistem bank yang terkomputerisasi.

Bank Sampah Tri Guyub Rukun memiliki 612 nasabah yang mampu menabung sampah 2 truk perhari. Tempat pengumpulan sampah tersebar di tiap dasa wisma. Setiap hari, petugas bank mengangkut tabungan warga ke Tempat Pengelolaan Panas Terpadu (TPST). Kerja keras Bank Sampah Tri Guyub Rukun dalam mengelola sampah mendapat penghargaan tingkat nasional.

Kini, Pemdes Trirejo tengah mengembangkan kerjasama antardesa untuk bidang pengelolaan sampah. Mereka merangkul tiga desa di sekitar Desa Trirejo untuk kerjasama pengelolaan sampah.

Ada sejumlah fasilitas yang dimiliki Bank Sampah Tri Guyub Rukun, seperti mesin press, mesin pengayak sampah organik, gudang penampungan, kendaraan pengangkut, dan sistem bank yang terkomputerisasi.

Bank mampu menampung 12 karyawan yang digaji secara layak. Sebagian besar pengelola adalah pegiat karangtaruna desa setempat. Wow, desa terus bergerak membangun Indonesia.

Pada 2017, Pemerintah Kabupaten Purworejo menetapkan Bank Sampah Tri Guyub Rukun Desa Trirejo sebagai Bank Sampah Induk Kabupaten Purworejo.