Para pecinta pantai punya pepatah, setiap pantai itu pasti indah. Keindahan pantai dimanapun Orang yang mabuk cinta pantai rasanya jika dalam waktu lama tak mengunjungi pantai seakan hidupnya makin sumpek dan penuh tekanan, tapi jika sudah ke pantai semua menjadi lepas. Seperti membuang keresahan dengan cara yang indah dan tenang. Ya… pantai itu menenangkan saat memandang lautan lepas masa depan terasa jelas.

Salah satu pantai dengan keindahan yang menenangkan itu berada di Desa Banyuurip Kecamatan Ujungpangkah Gresik. Pantai yang penuh tanaman mangrove tentu terasa adem meski terik matahari tepat diatas umbun-umbun. Wisata rintisan wisata mangrove ini sedang bergeliat penuh gairah dan hampir tiap hari bisa dipastikan ada pengunjung dari luar daerah. Para pengunjung pun tak perlu mengeluarkan banyak biaya saat masuk wisata rintisan ini sebab pihak pengelola hanya menarik uang jasa penitipan kendaraan, untuk masuk lokasi wisata rintisan gratis… tis.. tis.

“Pengelola wisata rintisan belum menarik karcis masuk sebab kita menyadari masih harus berbenah dan merencanakan pembangunan beberapa fasilitas wisata. Tapi ya itu… pengunjung wisata tiap hari pasti ada dan makin ramai saat hari libur, ” ujar sekretaris desa Bissur Khafid yang murah senyum dan ramah.

Nama InovasiObjek Wisata Taman Hutan Manggrove
AlamatDesa Banyuurip, Kecamatan Ujung Pangka, Kabupaten Gresik
Penanggung jawabIhsan
Kontak+62-813-3160-6589
FasilitasGazebo, Jogging Track, Perahu wisata, Parkir, Mushola, Cafe tengah laut proses pembangunan, pasar ikan segar

Wisata rintisan ini dikelola Kelompok Peduli Mangrove yang rata-rata berprofesi sebagai nelayan. Kelompok ini menyadari bahwa dengan terus merawat alam maka alam pun tak pernah akan berhenti memberikan karunia. Maka secara berkelompok mereka terus melakukan penanaman mangrove dan pohon pantai lainnya. Pembibitan pun dilakukan agar stok bibit terus berkelanjutan. Siklus penanaman ini akan dijaga agar kelak sepanjang pantai desa Banyuurip menjadi hutan rimbun tempat yang nyaman bagi habitat hewan hutan mangrove. Bonusnya ya… menjadi tempat wisata yang lestari.

Kini ada banyak ditemui habitat burung-burung pantai di mangrove Banyuurip. Jika anda menyewa prahu wisata yang murah meriah maka akan melihat kawanan burung-burung berbulu putih sepanjang pantai. Dan di bagian lain di Kecamatan Ujungpangkah juga ada kawanan kera yang masih hidup lestari.

Pun di mangrove sudah ada fasilitas jogging track panjang 250 meter dari kayu yang biasa dijadikan tempat selfi para pengunjung dan sangat cocok untuk foto prewed. Selain itu juga ada bangunan gazebo yang lumayan besar untuk istirahat sambil menikmati semilir angin pantai dan rindangnya mangrove. Rencananya jogging track dari kayu ini akan dibangun kembali sepanjang 350 meter tembus pasir putih banyuurip.

Dan masih ada fasilitas lainnya yang masih dalam proses pembangunan yakni kolam pemancingan di tengah laut serta kafe tengah laut. Anda bisa membanyangkan betapa romantisnya ada sebuah kafe di tengah laut, menikmati hamparan laut dalam segelas kopi. Sungguh lengkap dan nikmat! Mungkin jika anda ada di lokasi ini akan berdoa : Mohon ampun Tuhan, kami mencuri sepotong sorga di sini… ampuni kami.