Pengelolaan Bank Limbah Lumpur Tinja Terjadwal (LLTT) di wilayah Kabupaten Gresik mampu menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan sehat serta berkah tersendiri bagi warga perdesaan di lingkungan lokasi Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL). Selain itu, pengelolaan LLTT yang tepat akan menghasilkan pengusaha-pengusaha lokal, juga produk pupuk organik yang menjadi sumber perekonomian warga sekitar.

Bank LLTT di Embung Tanjung Krajan, Desa Tanjung, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik adalah bagian inisiatif ide cerdas desa dalam mewujudkan prinsip-prinsip desa maju dan mandiri. Keberadaan Bank LLTT membuat kualitas hidup warga meningkat, sekaligus menumbuhkan bisnis baru warga desa.

Nama Inovasi Bank Tinja Embung Tanjung Krajan
Pengelola Pemerintah Desa Tanjung
Alamat Desa Tanjung, Kecamatan Kedamean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
Penanggung Jawab Dwikora Suharianto, SH (Kepala Desa Tanjung)
Kontak +62-812-3044-4447
Email tanjungdesa009@gmail.com
Fasilitas Fasilitas Mesin Generator, Mesin Kompresor, Instalasi Pembuangan dan Pengeringan Tinja, Embung Penampungan, Kendaraan Tangki Pengangkut dan Rumah Generator.

Bank LLTT Embung Tanjung Krajan memiliki 82 anggota pengusaha dengan 154 armada truk tangki, serta mampu menampung limbah lumpur tinja 50 truk tangki per hari berdiri sejak 2007. Merupakan tempat pengumpulan LLTT terbesar di Jawa Timur. Kerja keras Bank Tinja Embung Tanjung Krajan dalam mengelola limbah lumpur tinja mendapat apresiasi dari tingkat nasional dari Kementrian PU-PR.

Saat ini, Pemdes Tanjung bersama Pendamping Desa P3MD tengah mengembangkan kerjasama dengan dinas terkait untuk bidang pengelolaan limbah tinja yang nantinya akan dikelola oleh BUM Desa. Mereka merangkul BLH, UPT PAL DPUD Gresik, Bappeda, PT dan dinas terkait lainnya untuk kerjasama pengelolaan limbah tinja terpadu.

Bank Tinja mampu menampung 6 karyawan yang digaji secara layak, disamping karyawan pengangkutan yang jumlahnya 154 . Sebagian besar pengelola adalah petani dan pegiat warga desa setempat. Sesuai dengan Nawa Cita, dari Desa membangun Indonesia.

Pada 2017, Pemerintah Kabupaten Gresik berencana menetapkan Bank Tinja Embung Tanjung Krajan sebagai Tempal IPAL ke 2 di Gresik Selatan setelah melalui peninjauan lokasi dan hasil sosialisasi bersama.