pulkamfest-ruang-pamer-industri-kreatif-di-desa

Pulang Kampung Festival (Pulkamfest) menjadi ruang eksperimentasi para pegiat industri kreatif desa. Pelopornya para pemuda di Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, yang ingin mengubah pandangan klise desa yang diasumsikan terbelakang, terpencil, dan jumud. Lewat Pulkamfest, beragam produk kreatif dari warga desa diperkenalkan ke publik agar mendapat apresiasi lebih luas.

Produk-produk yang dipamerkan dalam even Pulkamfest meliputi cukil kayu, lukisan, home decor, rancangan interior hingga fotografi. Pelbagai pendekatan dilakukan untuk memperkenalkan karya-karya tersebut melalui creatif market, art exhibition, community space, sampai performing art. Selain ajang bisnis, Pulkamfest menjadi ruang silaturahmi antarkomunitas yang berbasis di perdesaan.

Nama Inovasi Pulang Kampung Festival
Pengelola Pulkamfest Community
Alamat Jalan PUK Timur Kebasen RT 08/02, Desa Kebasen, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Penanggung Jawab Budi Haryanto (Koordinator)
Kontak +62 858-7911-9292
Email budibasen@gmail.com
Website pulkamfest.or.id
Sosial Media Instagram: https://www.instagram.com/pulkamfest/
Fasilitas Seni pertunjungan, gerai pamer produk kreatif, talkshow, promo wisata, dan demonstrasi produk

Kegiatan Pulkamfest selalu mengusung dua tema, yaitu desa dan kreativitas. Pulkamfest merupakan media untuk mendobrak inferioritas desa, seperti slogan Desa Juga Bisa. Warga desa seringkali merasa rendah diri bila berhadapan dengan komunitas-komunitas kreatif dari kota.

Pulkamfest menjadi antitesis dari situasi itu, sehingga mereka selalu mengampanyekan situasi kehidupan desa yang dinamis. Desa adalah medan kreatif banyak warga yang tak hanya terkait dengan pertanian.

Ruang partisipasi yang ditawarkan dalam PulkamFest, seperti:

  1. Performing Art. Ruang untuk menampilkan aksi (performing art) bagi individu atau komunitas. Bisa dengan alunan musik, gelegar puisi, lihai akting, gemulai tarian, atau apapun. Panggung juga dapat digunakan untuk menggelar diskusi/workshop bagi individu atau komunitas dengan tema bebas, menyesuaikan potensi masing-masing. Ruang ini menjadi media berbagi kreativitas antarkomunitas perdesaan.
  2. Art Exhibition. Ruang untuk menampilkan karya visual bagi individu/komunitas. Kami tidak membatasi bentuk, ukuran, dan media yang dipakai untuk karya.
  3. Creative Market. Kami akan menghadirkan sudut lapak. Ruang untuk menjual produk-produk kreatif karya individu/komunitas. Diharapkan ini menjadi perwujudan doa akan keberlanjutan produk kreatifmu. Panjang umur, kreatifitas yang hidup dan menghidupi.
  4. Community Space. Ruang bagi komunitas untuk menggelar/memamerkan aktifitas komunitasnya. Ruang ini sepenuhnya milik masing-masing komunitas. Bebas untuk dieksplorasi secara tampilan maupun aktivitas selama acara. Sebagai catatan, ruang untuk spot ini adalah outdoor.

Komunitas Pulkamfest telah menggelar festival selama empat kali di sekitar Kecamatan Kebasen. Mereka menggandeng pemerintah desa dan Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Kebasen sebagai mitra dan sponsor kegiatan. Dari waktu ke waktu Pulkamfest mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat desa.

Pulkamfest adalah vitalitas anak muda untuk memantik geliat kreativitas desa. Mereka telah membuktikan bahwa desa juga bisa menjadi medan kreativitas.