Baliho besar terpasang di depan Kantor Desa Sundawenang. Baliho berisi informasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Sundawenang tahun 2017. Langkah pemerintah Desa Sundawenang menuai banyak pujian dari banyak pihak. Di tengah hangatnya isu korusi Dana Desa (DD), justru Pemerintah Desa Sundawenang menunjukkan komitmen dalam keterbukaan anggaran desa.

Desa Sundawenang terletak di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. Pemanfaatan baliho untuk mempublikasikan anggaran desa mampu meningkatkan partisipasi masyarakat untuk gotong-royong dalam pelaksanaan pembangunan desa. Pemasangan baliho APBDesa merupakan komitmen Pemerintah Desa dalam menerapkan tata kelola pembangunan yang transparan dan akuntabel.

Nama Inovasi Baliho Transparansi Anggaran Desa
Pengelola Pemerintah Desa Sundawenang
Alamat Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat
Penanggung jawab Wahid (Kepala Desa Sundawenang)
Kontak +62-858-6061-1381
Website http://sundawenang-parungkuda.desa.id

Keberadaan baliho APBDesa memudahkan masyarakat untuk mengecek dan mengawasi kesesuaian antara perencanaan dengan realisasi pembangunan. Selain pemasangan baliho, Pemerintah Desa Sundawenang juga mengunggah informasi APBDesanya melalui website desa sehingga publik dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun.

Pemerintah Desa Sundawenang juga terus mengoptimalkan pelayanan pada masyarakat. Warga Desa Sundawenang dapat menikmati aneka pelayanan desa melalui melalui telepon seluler mereka. Pemerintah desa mengembangkan aplikasi pelayanan desa berbasis smartphone.