baliho-transparansi-kampung-omon-umumkan-anggaran-dan-belanja-kampung-pada-warga

Kampung Omon terletak di Distrik Gresi Selatan, Kabupaten Jayapura. Kampung Omon adalah kampung yang tidak tersentuh akses jalan raya. Mereka baru menikmati jalan darat berkat adanya Dana Desa.

Pemerintah Kampung Omon membuat program-program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat melalui musyawarah kampung. Setiap jenis kegiatan diberi anggaran sesuai dengan perhitungan teknis dan satuan harga standar kabupaten.

Nama InovasiBaliho Transparan Inovasi Dana Desa
PengelolaPemerintah Kampung Omon
AlamatKampung Omon, Distrik Gresi Selatan, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua
Penanggung JawabBernard Tabisu (Kepala Kampung)
Telepon082398794863
Websitehttp://omon.desa.id

Pelaksanaan pembangunan kampung di Kampung menerapkan prinsip-prinsip transparansi dan akubtabilitas. Pemerintah kampung memasang baliho besar dan menyebarluaskan selebaran yang berisi rincian penggunaan anggaran desa pada masyarakat. Langkah ini membuat masyarakat kampung dapat mengawasi penggunaan dana kampung secara mudah.

Pemerintah Kampung Omon juga memiliki website kampung sehingga peristiwa dan produk unggulan masyarakat kampung dapat dilihat oleh masyarakat internet. Meski di daerah terpencil, Kampung Omon banyak dikenal oleh publik melalui internet.

Baliho transparansi anggaran merupakan praktik inovasi yang diterapkan oleh pemerintah kampung untuk mewujudkan tata kelola kampung yang baik dan bersih.