Ada anggapan bahwa pergi ke Waropen belum lengkap rasanya jika tak mengunjungi Pulau Nau, sebuah pulau di lepas pantai ke arah barat dari kabupaten yang merupakan pecahan Kabupaten Yapen Waropen itu.

Pulau Nau adalah satu-satunya kepulauan yang dimiliki Kabupaten Waropen. Untuk sampai ke Pulau Nau, kita dapat menggunakan dengan motor tempel 40 PK kurang lebih 15 menit dari Kampung Sarafambai.

Nama InovasiPengembangan Desa Wisata Pulau Nau
PengelolaPemerintah Kampung Pulau Nau
AlamatKampung Nau, Distrik Oudate, Kabupaten Waropen, Provinsi Papua
Penanggung JawabElisa Mbaubedari (Kepala Kampung Nau)
Kontak085282307166

Pulau Nau mempunyai pantai yang sangat indah dengan pasir putih yang membentang luas di sekitar pulau. Selain pantai yang bersih dan terdapat pasir putih luas, Nau juga mempunyai objek wisata Religi dimana terdapat Patung Kristus yang sangat besar.

Pulau Nau memiliki kekayaan alam bawah laut yang luar biasa. Lokasi wisata Pulau Nau masih termasuk daerah yang alami dan belum terlalu banyak dikunjungi keramaian. Meski sebenarnya di pulau itu sendiri ada berdiam masyarakat asli setempat. “Jika Papua diibaratkan Surga Kecil yang jatuh ke Bumi, mungkin Pulau Nau satu dari sejumlah kepingan surga itu, indah dan mempesona.”

Keunggulan lain dari Pulau Nau, yaitu seluruh garis pantainya dianugerahi pasir putih, biota laut seperti terumbu karang yang masih sangat alami dan tempat yang strategis untuk melakukan aktivitas bawah laut mulai dari snorkling hingga menyelam. Jika sedang beruntung, pengunjung Pulau Nau berkesempatan melihat ikan lumba-lumba yang kerap berenang hingga ke dekat bibir-bibir pantai.

Keberadaan Pulau Yapen dan Biak di utara pulau membuat ombak di sepanjang garis pantai Pulau Nau tidak begitu besar sehingga juga memungkinkan untuk berenang di sana bagi para wisatawan.