pengembangan-ternak-kelinci-kampung-bilogai-distrik-sugapa

Ternak kelinci adalah salah satu yang menjadi mata pencaharian masyarakat di Kampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua. Dengan adanya Dana Desa, masyarakat memanfaatkan dana tersebut untuk mengembangan ternak dan pembuatan kandang kelinci yang baik dan bersih.

Nama InovasiPengembangan Ternak Kelinci Kampung Bilogai
PengelolaTAPMD Kabupaten Intan Jaya
AlamatKampung Bilogai, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Provinsi Papua
Penanggung JawabMuhammad Sholeh
Emaildenbagoes588@gmail.com
Telepon082198242868

Daging kelinci tinggi protein dan rendah kalori, melebihi daging ayam, domba, babi maupun sapi. Daging kelinci sangat cocok untuk ibu hamil dan menyusui, termasuk eluarga yang belum memiliki keturunan. Sejumlah riset menunjukkan daging kelinci dianjurkan untuk makanan khusus, seperti pasien penderita gangguan hati, makanan untuk usia lanjut,makanan rendah sodium,dan makanan penurun berat badan.

Kotoran kelinci bagus untuk pupuk, terlebih pada urine kelinci. Urine kelinci mengandung nitrogen tinggi dan bekerjanya cepat melebihi urine hewan ternak kambing dan sapi.Peternakan kelinci sangat cocok untuk masyarakat Indonesia yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai tani karena rumput yang sering dianggap “musuh“ oleh petani dapat dimanfaatkan sebagai pakan alami kelinci.