anggarkan-bantuan-untuk-kaum-difabel-desa-siliragung-jadi-pionner-desa-inklusi-di-banyuwangi

Desa Siliragung memiliki perhatian pada warga desa difabel. Pada 2017, Desa Siliragung mengalokasikan anggaran untuk menyentuh warga difabel di wilayah itu. Anggaran sebesar Rp 8.750.000,- dibelanjakan sepeda dan peralatan tulis bagi warga difabel usia anak-anak. Langkah ini membuat Desa Siliragung merupakan desa pertama di Kabupaten Banyuwangi yang menerapkan prinsip inlusi sosial, yaitu desa ramah kaum disabilitas.

Nama Inovasi Anggaran Desa untuk Kaum Difabel
Pengelola Pemerintah Desa Siliragung
Alamat Desa Siliragung, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur
Kontak Person Masori SH (Kepala Desa Siliragung)
Telepon +62-852-5962-9361

Kebijakan anggaran ramah kaum difabel disambut baik oleh masyarakat desa. Kebijakan itu dianggap berpihak kelompok rentan di masyarakat, yaitu kaum difabel. Masyarakat Desa Siliragung, melalui perwakilan tokoh masyarakat, mendukung kebijakan itu. Kebijakan tersebut membantu kaum difabel usia anak-anak untuk pergi sekolah dan meningkatkan percaya diri dalam pergaulan.

Desa Siliragung berada di wilayah Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Desa ini terletak di bagian Banyuwangi Selatan. Daerah ini memiliki tanah yang subur didukungdibawah kepemimpinan Kepala Desa, Masori SH, memprioritaskan sektor pertanian sebagai prioritas pembangunan dan pengembangan ekonomi pedesaan.

Selanjutnya, fasilitas pelayanan publik di Desa Siliragung akan memperhatikan kaum rentan di masyarakat, seperti warga miskin, orang tua, anak-anak, ibu hamil, dan kaum difabel. Langkah ini menjadi perwujudkan pelayanan prima di tingkat desa.