Berkat merica, Pemerintah Kabupaten Banyumas menetapkan Desa Cingebul, Kecamatan Lumbir sebagai salah satu diantara enam desa didapuk menjadi Desa Mandiri Usaha (entrepreneurship). Selain membawa berkah ekonomi bagi warga, merica mampu dikemas menjadi ikon usaha di desa ini.

Desa Mandiri Usaha adalah sebutan bagi desa yang mampu membuka lapangan kerja untuk warga usia produktif. Desa Cingebul mampu mewujudkan pembangunan perdesaan dengan mendorong pengembangan usaha menengah keuangan mikro (UMKM) dan kelompok usaha berbasis potensi desa.

Nama Inovasi Program Budidaya Merica
Pengelola Pemerintah Desa Cingebul
Alamat Desa Cingebul, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah
Kontak Person Tofa (Perangkat Desa)
Telepon +62-852-9157-3988
Website http://cingebul.desa.id

Merica bagi Cingebul bukanlah komoditi baru. Di kebun-kebun, banyak warga yang membudidayakan dengan jumlah terbatas. Ada yang menjalar di pohon kelapa, di mahoni, ada pula yang sembarangan bersirabut di pagar hidup sirisida. Pada 2000, sejumlah petani inovatif membudidayakan merica tajar secara intesif. Hasilnya ternyata di luar dugaan, pada tahun ketiga panen raya sudah dilakukan. Ada petani mendapatkan hasil panen hingga 450 kilogram per musim. Angka yang fantastis menilik harga merica yang mencapai Rp 160 ribu hingga Rp 230 ribu.

Langkah ini kemudian diikuti oleh petani lain. Sekarang, ada 20 hektar lahan menjadi lokasi budidaya merica. Ada tanaman yang sudah berumur satu tahun, ada juga yang mencapai delapan tahun. Desa Cingebul sendiri memiliki lahan sekitar 450 hektar, Pemerintah Desa Cingebul berencana akan menambah lahan sekitar 50 hektar lahan untuk perluasan budidaya merica. Akhirnya, merica telah menjadi produk unggulan Desa Cingebul.

Pemerintah Desa Cingebul berharap desanya tak sekadar menghasilkan biji merica konsumsi, tapi juga mampu menghasilkan benih berkualitas dan menjadi tempat rujukan pembudidaya merica. Pemerintah desa juga melatih perlakuan merica pasca panen sehingga mutu produk yang dihasilkan semakin baik.

Desa Cingebul terletak di bagian ujung barat Kabupaten Banyumas. Posisinya meruncing, sehingga di utara dan selatannya diapit oleh wilayah lain Kabupaten Cilacap. Ke perbatasan Provinsi Jawa Barat, jaraknya hanya belasan kilometer saja.

Para petani merica di Desa Cingebul tergabung dalam asosiasi petani agar dapat menampung hasil panen sekaligus meningkatkan daya tawar petani.