mengais-belukar-bumdes-wahana-sejahtera-angkat-potensi-lokal-desa-cijati

Desa Cijati terletak di wilayah Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap. Sebagian besar wilayah Desa Cijati berkontur perbukitan dengan tutupan hutan tropis yang masih baik. Pohon pandan tumbuh subur di hutan. Tanaman hutan ini diolah dan dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Wahana Sejahtera, Desa Cijati menjadi aneka produk kerajinan yang sangat menarik.

Nama InovasiProduk Kerajinan Daun Pandan
PengelolaBUMDes Wahana Sejahtera
AlamatDesa Cijati, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah
Kontrak PersonDiman (Ketua BUMDesa)
Telepon+62-823-2272-1727

Peran BUMDes Wahana Sejahtera sangat besar dalam mengangkat potensi lokal. Awalnya, banyak warga yang mengalami kesulitan ekonomi akibat minimnya lapangan pekerjaan dan sumberdaya desa. Para pengelola BUMDes Wahana Sejahtera melatih warga, terutama perempuan, untuk membuat aneka kerajinan dan tikar dari daun pandan. Hasilnya, kini produk kerajinan olahan pandan itu telah menjadi icon produk unggulan Desa Cijati.

Selain tikar dan kerajinan, warga Desa Cijati juga membuat beragam kreativitas kerajinan pandan untuk perlengkapan kantor dan rumah-tangga. Ada file cabinet, tissue box, dan tas. BUMDes Wahana Sejahtera menampung hasil-hasil kerajinan pandan untuk dipasarkan. berbahan baku dari semak belukar itu laris manis di pasaran.

Inovasi warga Desa Cijati dalam memanfaatkan semak belukar menjadi beragam produk ramah lingkungan patut diajungi jempol. Bermodal kearifan lokal, ketekunan dan kreativitas, BUMDes Wahana Sejahtera dan warga desa mampu mengatasi tantangan, bahkan mengubah masalah menjadi berkah. Merdesa!