program-kampung-kb-desa-bhuana-jaya-bawa-prestasi-baik-untuk-kutai-kartanegara

Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berhasil meraih Juara I Pelayanan Keluarga Berencana (KB) kategori Bidan Praktek Mandiri Terbaik yakni Bidan Linda Endang Wahyuni, disusul Juara II kategori Cerdas Cermat oleh Kampung Keluarga Berencana (KB) dan Juara II Jambore Kampung KB oleh Desa Buana Jaya, serta Juara II Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) oleh Kecamatan Sebulu. Prestasi tersebut membawa nama baik bagi Kabupaten Kutai Kartanegara dalam Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Nama Inovasi Program Kampung KB
Pengelola Pemerintah Desa Bhuana Jaya
Alamat Desa Bhuana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur
Kontak Person Suwondo (Sekretaris Desa)
Telepon +62-821-5820-0251
Website http://bhuanajaya.desa.id

Prestasi Kutai Kartanegara tak lepas dari sumbangsih keberhasilan Program Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB) di Desa Bhuana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang. Pemerintah Desa Bhuana Jaya mampu menunjukkan gerakan nyata dalam membangun desa melalui pencanangan Kampung KB. Kini, Desa Bhuana Jaya menjadi ikon Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kutai Kartanegara.

Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat RW/RT yang mampu membangun keterpaduan antara (KKBPK) dengan pembangunan sektor terkait sehingga pelayanan kepada keluarga dan masyarakat semakin sistematis. Kampung KB bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat di tingkat kampung perwujudan keluarga kecil berkualitas.

Desa Bhuana Jaya, sering juga disebut Separi III, merupakan desa bentukan Departemen Trasmigrasi era 1980-an dengan kode UPT SP2 Separi. Kata Separi sendiri merupakan desa adat yang sudah ada sebelum Bhuana Jaya terbentuk. Jadi, Desa Bhuana Jaya merupakan pemekaran dari Separi dan menjadi desa definitif pada 1981.