jalan-tembus-kampung-omon-buka-akses-kampung-distrik

Pemerintah dan masyarakat Kampung Omon berhasil membangun jalan tembus menuju kota Distrik Gresi Selatan. Jalan sepanjang 15 Km itu akan membuka akses darat masuk dan keluar Kampung Omon menggunakan kendaraan bermotor. Sebelum jalan tembus dibangun, masyarakat menggunakan jalan setapak menembus hutan belantara.

Nama InovasiPembangunan Jalan Tembus Kampung
PengelolaPemerintah Kampung Omon
AlamatKampung Omon, Distrik Gresi Selatan, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua
Penanggung JawabBernard Tabisu (Kepala Kampung)
Telepon+62-823-9879-4863
Websitehttp://omon.desa.id

Kampung Omon terletak di Distrik Gresi Selatan, Kabupaten Jayapura. Kampung Omon dihuni oleh Suku Elseng yang sering dilabeli sebagai suku terasing. Sebagian besar Suku Elseng masih hidup berpindah-pindah untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Perubahan besar tercipta setelah Bernard Tabisu, dipercaya menjadi kepala kampung. Beragam inovasi dilakukan untuk menghabus pelabelan negatif atas Kampung Omon yang terisolasi.

Pada 2016, Pemerintah Kampung Omon mengembangkan website desa dengan alamat http://omon.desa.id. Langkah itu diambil agar kondisi dan peristiwa yang terjadi di Kampung Omon dapat dilihat oleh publik melalui internet. Prinsip transparansi dan akuntabilitas juga diterapkan dengan mempelopori publikasi anggaran pendapatan dan belanja kampung ke publik.

Pada 2017, Pemerintah Omon melakukan kerja perubahan kampung setelah sukses membangun jalan tembus kampung-distrik. Awalnya, pemerintah dan masyarakat Kampung Omon sempat ragu dan pesimis atas program ini. Pembangunan jalan tembus sempat diacuhkan mengingat medan yang sulit dan ada kelompok masyarakat yang meragukan keberhasilan kegiatan.

Pemerintah Kampung Omon sangat terbantu dengan dukungan Dana Desa (DD) sebagai konsekwensi dari implementasi UU No 6 tahun 2014 tentang Desa. Meski masih jalan tanah, kini masyarakat Kampung Omon lebih mudah mengakses pendidikan, perdagangan, dan kesehatan di Distrik Gresi Selatan melalui jalur darat.