jalan-usaha-tani-desa-silva-rahayu-permudah-akses-warga-ke-lahan-pertanian

Pada 2017, Pemerintahan Desa Silva Rahayu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan, memprioritaskan pembangunan sarana dan prasarana ke lahan pertanian. Pembangunan infrastruktur jalan usaha tani mempermudah akses warga desa yang sebagian besar berprofesi sebagai petani. Jalan sepanjang 1,5 Km itu akan menggairahkan dunia pertanian di Desa Silva Baru.

Program ini didanai oleh anggaran desa yang bersumber dari Dana Desa (DD) sebesar 150 juta rupiah. Pemerintah Desa Silva Baru berharap infrastruktur ini akan meningkat ekonomi warga karena mobilisasi hasil produk pertanian ke pasar kecamatan semakin gampang.

Nama Inovasi Pembangunan Jalan Usaha Tani
Pengelola Pemerintah Desa Silva Rahayu
Alamat Desa Silva Rahayu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Uatara
Penanggung jawab Muhamat Mustafa (Kepala Desa)
Telepon +62-812-5380-3467

Desa Silva Rahayu memiliki sumberdaya alam yang melimpah, terutama batu gunung dan tanah batu. Material itu sangat cocok untuk membangun jalan di area tanah rawa. Batu gunung digunakan sebagai pondasi setinggi 50 cm, sementara tanah batu dapat dipergunakan untuk mengisi permukaan atas. Hasilnya, konstruksi jalan yang kuat dan rata meski pemadatan hanya menggunakan cara-cara manual.

Pembangunan jalan usaha tani disambut antusias oleh warga desa. Mereka berharap proyek jalan diperpanjang hingga area lainnya. Dana desa menjadi berkah bagi petani Desa Silva Baru yang semakin mudah mengangkut pupuk, bibit, dan hasil panennya.