magita-fm-desa-tiyuh-chandra-jaya-manfaatkan-radio-komunitas-untuk-keterbukaan-informasi-pembangunan-desa

Era keterbukaan informasi disambut gempita masyarakat, salah satunya dengan mendirikan radio komunitas (rakom) untuk melayani kebutuhan informasi masyarakat. Era keterbukaan informasi ini juga dimanfaatkan Pemerintah Desa untuk menjalankan prinsip keterbukaan informasi pembangunan desa.

Masyarakat Tiyuh Chandra Jaya, Tulang Bawang Tengah, Tulang Bawang Barat, Lampung memiliki rakom bernama Magita FM (Maju dan Giatlah Karang Taruna) yang didirikan dan dikelola anggota Karang Taruna. Rakom ini berdiri sejak 2012 dan mengudara di gelombang 107,9 Mhz.

Pada tahun anggaran 2017, Pemerintah Tiyuh Chandra Jaya mengalokasikan dana sebesar Rp. 1,5 juta untuk Magita FM dalam belanja Pemberdayaan Masyarakat. Dengan anggaran ini Pemerintah Tiyuh Chandra Jaya dan pengelola Magita FM sepakat untuk melakukan siaran khusus Pembangunan Desa.

Nama Inovasi Keterbukaan Informasi Pembangunan Desa Melalui Radio Komunitas
Pengelola Radio Komunitas MAGITA FM
Alamat Tiyuh Chandra Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung
Kontak Fajariyanto (BPD Tiyuh Chandra Kencana)
Pengelola +62-822-3794-6779

Siaran Pembangunan Desa yang dikerjasamakan Pemerintah Tiyuh Chandra Jaya dan pengelola Magita FM dikelola dalam bentuk siaran berita mingguan pengelolaan dan realisasi APBDes, dan talkshow mingguan untuk sosialisasi program pembangunan dan penjaringan aspirasi masyarakat. Dalam setiap siaran, partisipasi masyarakat/pendengar sangat baik, dengan telepon dan SMS yang berisi seputar pertanyaan program pembangunan dan aspirasi.