Pemerintah Desa Gelaranyar, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur tengah mendorong penggalian dan pengembangan potensi-potensi desa, baik potensi ekonomi, pembangunan, maupun teknologi. Pada bidang ekonomi, Pemerintah Desa Gelaranyar berkomitmen untuk mendorong sejumlah produk warga menjadi produk unggulan desa.

Untuk menggerakan perekonomian masyarakat, Desa Gelaranyar memiliki modal dasar yaitu area pertanian yang luas dan produk gula aren. Sayang produk pertanian dan gula aren belum mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakat karena mereka terjerat dalam lingkaran belenggu sistem tengkulak dan ijon. Akibatnya, harga produk tani dan gula sangat ditentukan oleh para tengkulak. Alih-alih mereka mendapatkan peningkatan ekonomi, harga jual acapkali tak seimbang dengan modal produksi.

Nama InovasiGula Semut
PengelolaPemerintah Desa Gelaranyar
AlamatDesa Gelaranyar, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat
KontakJenal SPd (Kepala Desa)
Nama Inovasi+62-815-6222-250

Pekerjaan rumah terbesar bagi Pemerintah Desa Gelaranyar adalah mengubah sistem ekonomi masyarakat, dari mulai cara produksi hingga model distribusi dan pemasarannya. Pada tingkat produksi, Pemerintah Desa Gelaranyar mempromosikan perubahan bentuk produk, dari bentuk batangan menjadi gula semut.

Harga gula batang yang menyerupai baterai (bulat-panjang) jauh lebih lebih murah dibanding bentuk kristal (butiran). Bentuk butiran yang dikenal dengan gula semut memiliki harga jual yang lebih bagus. Karena itu, Pemerintah Desa Gelaranyar menyelenggarakan pelatihan untuk mempromosikan produk gula semut pada para pengrajin gula aren agar nilai produk mereka semakin meningkat.

Selain memperbaiki kualitas produk gula aren, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mugilancar, Desa Gelaranyar bergarak dalam distribusi dan pemasaran gula semut. Satu tahun bergerak, BUMDes Mugilancar sudah memiliki jaringan pasar di tingkat kecamatan, kabupaten, dan sejumlah kota di luar Kabupaten Cianjur. Keberhasilan distribusi yang dilakukan oleh BUMDes tak lepas dari mutu dan kualitas produk gula semut Desa Gelaranyar yang sangat baik.

Keberhasilan BUMDes menangani gula semut memicu para pengelola untuk mengembangkan bisnis di sektor lainnya. Sektor bisnis potensial yang ingin disasar dalah usaha peternakan. BUMDes berencana bermitra dan mendampingi dengan kelompok ternak domba sehingga tradisi beternak warga dapat mencapai skala ekonomi yang lebih besar. BUMDes memiliki cita-cita untuk mewujudkan Desa Gelaranyar sebagai sentra domba terbesar di Kabupaten Cianjur.

Akhirnya, lahirnya Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa memberikan angin segar kepada desa untuk mewujudkan impian atas desa maju, mandiri, dan sejahtera.