bangun-rumah-layak-huni-desa-kalongliud-prioritaskan-pemenuhan-kebutuhan-dan-prasarana-dasar-masyarakat-desa

Pemerintah Desa Kalongliud di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor tengah menggenjot pembangunan 100 rumah bagi warga miskin yang hidup di Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Pembangunan rumah menjadi prioritas pembangunan desa untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

Untuk pembangunan RTLH, Pemerintah Desa KalongLiud mengedepankan pendekatan pemberdayaan dengan melibatkan masyarakat dalam program pembangunan RTLH sehingga dapat terlaksana dengan optimal. Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) menjadi pihak yang ditunjuk untuk melaksanakan program ini.

NamaInovasi Pembangunan Rumah Layak Huni untuk Warga Miskin
Pengelola Pemerintah Desa Kalongliud
Alamat Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat
Kontak Jani Nurzaman (Kepala Desa)
Telepon +62-858-8427-4635
Website http://kalongliud.desa.id

Data Desa Kalongliud (2017) melaporkan ada 352 warga miskin yang membutuhkan bantuan untuk mendapatkan rumah layak huni. Pemerintah Desa Kalongliud menargetkan pada penghujung tahun 2017 dapat membangun 232 unit, sisanya sebanyak 120 unit ditargetkan selesai pada 2018.

Untuk menggenjot pemenuhan kebutuhan hunian yang layak bagi warga miskin, pemerintah desa membangun kerjasama dengan sejumlah pihak, terutama Program RTLH Dinas Tata bangunan dan Permukiman (DTBP) Kabupaten Bogor. Selain itu, PT. Antam UPBE Pongkor pun memberikan bantuan RTLH sebanyak 10 Unit.

Selain pembangunan rumah layak huni, Pemerintah Desa Kalongliud memprioritaskan prasarana dasar yang dibutuhkan masyarakat bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2017. Ada pembangunan sarana air bersih dengan pola sumur bor dan rehabilitasi gedung PAUD yang tersebar di 5 RW di Dusun tiga. Selain itu, ada pembangunan jalan lingkungan pertanian, rehabilitasi jembatan gantung penghubung Desa Kalongliud dan Desa Leuwisadeng, saluran irigasi untuk mengairi 15 hektar Sawah petani.

Pemerintah Desa Kalongliud berharap pemenuhan kebutuhan dan prasarana dasar mampu mendobrak akses perekonomian masyarakat di bidang pertanian dan meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pembangunan tak sekadar meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, juga mendongkrak peningkatan pendidikan masyarakat di usia dini.

Keterbukaan dan tranparansi anggaran di Desa Kalongliud sangat bagus sehingga semua pihak dapat memantau manfaat dan kemajuan pembangunan.