Ada hal yg menarik saat menuju Kantor Desa Sidareja, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap. Baru tiba di pintu gerbang, masyarakat langsung disuguhi dengan dua pilihan. Tepat di sebelah kiri gerbang, ada taman bacaan masyarakat, sementara di sebelah kanan ada ruang pelayanan umum. Keduanya memiliki tata ruang yang sangat nyaman.

Teras Baca Masyarakat demikian tempat itu dinamai. Teras Baca telah menjadi ikon Desa Sidareja. Desa yang terletak di pusat Kota Kecamatan Sidareja itu mencoba menjawab tantangan zaman. Teras Baca dirancang menjadi fasilitas baru dari taman bermain yang menjadi tempat warga untuk bersantai bersama keluarga di sore hari.

Nama Inovasi Teras Baca Masyarakat
Pengelola Pemerintah Desa Sidareja
Alamat Desa Sidareja, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
Kontak Teguh Budi Suhartono (Kepala Desa)
Telepon +62-813-9123-3488
Website http://sidareja.desa.id

Pada 2015, di era kepemimpinan Teguh Budi Suhartono, Kepala Desa Sidareja, Pemerintah Desa Sidareja berinisiatif membangun inovasi melalui Teras Baca Masyarakat. Layanan ini mengusung tagline “Teras Baca, Cerdaskan Masyarakat”. Teras Baca menyediakan beragam bahan bacaan bagi masyarakat, khususnya anak usia sekolah, dengan suasana santai dan gembira. Ada pepatah, “Orang yang paling bodoh di dunia ini adalah orang yg berhenti belajar.”

Saat ini, Teras Baca memiliki 200 judul buku dan gedung berukuran 9 x 3 m2. Selain penataan ruang baca yang nyaman, Teras Baca juga dilengkapi teknologi wifi untuk mengakses layanan internet secara gratisan. Pemerintah Desa Sidareja ingin menempatkan kantor desa tak sekadar tempat pelayanan administrasi, tapi menjadi pusat kegiatan dan interaksi masyarakat.

Untuk melengkapi konsep itu, Pemerintah Desa Sidareja juga sering menyelenggaraan pelatihan di Teras Baca. Pelatihan yang rutin dilakukan adalah budidaya tanaman hidroponik, yang mengusung jargon “Nandur neng Pinggir Umah Ora Nganggo Lemah”. Tak berlebihan, bila Desa Sidareja dikenal sebagai desa kreatif lewat pembangunan generasi muda yang aktif.

Narto, Pendamping Desa Sidareja