Pemerintah Desa Rawajaya, Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap berhasil menyusun dan menetapkan peta jalan (roadmap) percepatan Pembangunan Lokawisata Gayamsari. Roadmap Pascamusdes Pembangunan Lokawisata Gayamsari ditetapkan pada Musyawarah Desa pada pengujung 2017.

Roadmap Pembangunan Lokawisata Gayamsari diawali dengan kegiatan kajian potensi dan masalah Desa Rawajaya. Tim Pengkaji terdiri dari unsur pemerintah desa dan Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) setempat. Hasil kajian menunjukkan pembangunan lokawisata merupakan langkah strategis yang harus dilakukan oleh Desa Rawajaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Nama Inovasi Lokawisata Gayamsari
Pengelola Pemerintah Desa Rawajaya
Alamat Pemerintah Desa Rawajaya, Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
Kontak Supriyanto (Kepala Desa)
Telepon +62-62-813-8019-6208

Kebijakan tersebut selaras dengan program pembangunan kawasan perdesaan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap. Kabupaten Cilacap juga tengah gencar mengampanyekan pengembangan kampung wisata desa-desa yang memiliki potensi tersebut.

Lokawisata Gayamsari menawarkan wisata alam berupa pemandangan alam yang asri nan menawan. Gayamsari berpotensi besar menjadi wisata air, terutama paket wisata menyusuri objek wisata yang luas menggunakan perahu tradisional. Wahana menawarkan sensasi tersendiri bagi para pengunjung.

Dalam Roadmap Pembangunan Lokawisata Gayamsari dijelaskan tahapan dan jenis dukungan Pemerintah Desa Rawajaya untuk mewujudkan wahana wisata air terbesar di kawasan Cilacap bagian Barat. Adapun tahapan pembangunan yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut:

Tahapan Bentuk Dukungan Pembangunan Waktu
Tahapan I Pembuatan 1 Warung Wisata dan 1 Jembatan 8 Februari 2018
Tahapan II Pembuatan 20 Warung Wisata, 4 Toilet, 1 Mushola, 2 Jembatan Utama serta Gapura Utama 20 Februari-20 April 2018
Tahapan III Pembuatan 3 Warung Wisata di kawasan Rawa, serta 2 Pos Pemancingan di lokasi Kali Mati 21 April-30 April 2018
Tahapan IV 20 Warung Wisata di sepanjang tanggul Apur serta 3 Warung Wisata di Lokasi Rawa sudah siap Huni, sedangkan 3 Jembatan utama sudah siap dilalui serta 2 Pos Pemancingan siap di gunakan 1 Mei 2018
Tahapan V Obyek Wisata Gayamsari sudah di buka untuk umum dan siap diresmikan 3 Mei 2018

Pemerintah Desa Rawajaya mengharap doa dan restu atas Proyek Pembangunan Lokawisata Gayamsari sehingga semua kegiatan dapat berjalan lancar sesuai rencana. Sementara itu, BUM Desa Rawajaya tengah bersiap untuk menyuplai produk, merchanise, dan oleh-oleh yang akan dipajang di 23 warung wisata.

Kholid Barkah, PDP Kecamatan Bantarsari