Desa Karanggedang melihat potensi besar pada aneka rempah dan buah-buahan yang dibudidayakan warga desa. Untuk mengembangkan aneka rempah dan buah itu menjadi produk unggulan desa, Desa Karanggedang memprioritaskan pembangunan jalan usaha tani sebagai prioritas penggunaan Dana Desa (DD). Jalan usaha tani akan memudahkan para petani untuk mengangkut hasil panen dari kebun-kebun warga.

Pembangunan jalan usaha tani merupakan praktik inovasi desa yang lahir di Desa Karanggedang. Pemerintah dan masyarakat Desa Karanggedang semakin cermat dalam pemanfaatan anggaran untuk belanja pembangunan desa. Sebagai desa yang terletak di dataran tinggi, Warga Desa Karanggedang banyak yang mengembangkan sentra budidaya buah duku dan durian.

Duku dari desa ini terkenal enak dan manis sehingga sangat dinikmati masyarakat, terutama mereka yang tinggal di Kecamatan Sidareja. Budidaya durian secara skala besar memang belum terlihat hasilnya, namun tiga tahun mendatang masyarakat Desa Karanggedang sudah dapat panen raya. Karena itu, pemerintah desa berkomitmen untuk mendorong dua komoditi itu sebagai Produk Unggulan Desa (Prudes).

Nama Inovasi Jalan Usaha Tani
Pengelola Pemerintah Desa Karanggedang
Alamat Desa Karanggedang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
Penanggung jawab Sukahar (Kepala Desa Karanggedang)
Kontak +62-852-9321-2564

Upaya untuk mewujudkan mimpi itu tak terlalu sulit. Desa Karanggedang memiliki objek wisata Kemit Forest Education yang menjadi destinasi kunjungan wisata paling wahid di Kabupaten Cilacap. Setiap akhir pekan, ribuan wisatawan datang berkunjung ke tempat ini. Karena itu, buah duku dan durian, akan menjadi menu kuliner atau buah tangan yang dapat dibawa pulang oleh para wisatawan.

Jalan usaha tani menjadi sarana pendukung perbaikan perekonomian warga desa yang mayoritas berprofesi sebagai petani. Selama ini petani mengalami kesulitan untuk mengangkut hasil pertanian karena akses masuk ke kebun masih jalan setapak. Kendaraan sulit masuk karena belum tersedia jalan yang representatif. Pada 2018, pemerintah dan masyarakat Desa Karanggedang semangat bergotong-royong dan berswadaya membuat tratas jalan. Setelah tratas jalan selesai, jalan permanen dapat dibangun melalui DD.

Jalan usaha tani yang akan dibangun oleh Pemerintah Desa Karanggedang sangat strategis. Selain akses ke kebun duku dan duren, jalan ini menghubungkan Desa Karanggedang dengan Lokawisata Curug yang terletak di Desa Penyarang. Secara historis, jalan setapak ini peranh menjadi rute perang gerilya, sehingga TNI Angkatan Darat sering melakukan kegiatan long march sekaligus napak tilas melewati jalan ini.

Narto, Pendamping Desa Kecamatan Sidareja.