pasar-kampung-pemerintah-kampung-sereh-bangun-pasar-untuk-mama-mama-di-papua

Pemerintah Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, mengalokasi Dana Desa (DD) senilai 12 juta rupiah untuk membangun Pasar Kampung. Pasar Kampung terletak di RW 01 RT 02, Kampung Sereh itu menampung Mama-mama Papua (sebutan untuk perempuan yang sudah menikah di Papua) yang berjualan hasil bumi, buah-buahan, dan aneka kebutuhan sehari-hari.

Pembangunan Pasar Kampung merupakan amanat Musyawarah Kampung Sereh 2016 yang diwujudkan pada pertengahan akhir 2017. Meski bangunan pasar masih sangat sederhana, masyarakat Kampung Sereh, khususnya para mama menyambut pasar dengan antusias. Pucuk dicinta, ulam tiba. Pasar Kampung Sereh merupakan dambaan para mama di Kampung Sereh.

Nama InovasiPasar Kampung Sereh
PengelolaPemerintah Kampung Sereh
AlamatKampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua
KontakNikson Wanimbo (Sekretaris Kampung, Plt Kepala Kampung Sereh)
Telepon+62-851-9753-5304
Websitehttp://sereh.kampungjayapurakab.id/

Pemerintah Kampung Sereh berharap, keberadaan pasar kampung akan mendongkrak kegiatan perekonomian masyarakat. Pemerintah Kampung Sereh juga tengah merencanakan layanan keuangan untuk mendukung aktivitas para mama di pasar supaya tidak terjerat oleh bujuk rayu para rentenir.

Pembangunan pasar kampung merupakan salah satu bentuk praktik inovasi dalam bidang pembangunan infrastruktur (sarana dan prasarana) yang mendukung program pemberdayaan ekonomi masyarakat. Hal itu sesuai dengan tujuan pembangunan desa, yaitu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, memperbaiki kualitas hidup masyarakat, dan penanggulangan kemiskinan.

Inovasi desa di atas tak dapat dilepaskan dari peran pendamping desa yang mendampingi pemerintah kampung dalam penyusunan program pembangunan desa, tata pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, dan pembinaan kemasyarakatan.