paving-blok-sampah-desa-brumbung-sulap-sampah-plastik-jadi-paving-blok-berkualitas

Desa Brumbung pernah menghadapi permasalahan untuk mengurus sampah. Sebagian besar masyarakat membuang sampah di sembarang tempat sehingga menimbulkan bau tak sedap dan pemandangan yang kurang enak. Itu dulu, kini Desa Brumbung menerapkan inovasi dalam pengelolaan sampah. Mereka menyulap aneka sampah plastik menjadi paving blok berkualitas.

Desa Brumbug terletak di Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Inisiatif untuk mengelola sampah muncul pada era kepemimpinan Ridwan sebagai Pelaksana Tugas Kepala Desa Brumbung. Gagasan itu dilanjutkan oleh Akib Musadad, Kepala Desa Brumbung, dengan menggandeng Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna (TA-TTG) Kabupaten Demak untuk mencari solusi jitu.

Nama Inovasi Paving Blok Sampah Plastik
Pengelola Posyantek Desa “Brumbung +16”
Alamat Desa Brumbug, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah
Kontak Person Akib Musadad (Kepala Desa Brumbung) | Edi Purwantu (Posyantek Brumbung)
Telepon +62-812-2850-657 (akib) | +62 813-9027-2425 (edi)

TA-TTG Kabupaten Demak menyambut baik gagasan tersebut. Mereka menggandeng para Pendamping Desa di Kecamatan Mranggen untuk bergerak cepat. Akhirnya, mereka sepakat untuk mengolah sampah plastik menjadi paving blok seperti yang dilakukan Desa Jetis, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga.

Program pengelolaan sampah diawali dari pemilahan sampah di tingkat rumah tangga. Selanjutnya, sampah plastik dikumpulkan di Tempat Pengelolaan Sampah (TPS) di tingkat desa untuk diolah menjadi paving blok di tingkat desa.

Widayanti, Tenaga Ahli Teknologi Tepat Guna Kabupaten Demak