Desa Penyarang menyadari daerahnya memiliki banyak potensi wisata. Ada potensi wisata alam, permainan, wisata religi, dan wisata pendidikan. Untuk mengembangkan semua potensi itu, mereka mulai mempraktikan inovasi desa berupa paket wisata tematik.

Setidaknya ada tujuh lokasi di Desa Penyarang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap yang sangat layak menjadi destinasi wisata. Meski kondisinya masih ala kadarnya, sejumlah lokasi sudah cukup populer bagi wisatawan lokal, seperti Julang Ngadeg dan Purut dengan panorama saujana yang indah.

Pemerintah Desa Penyarang memprogramkan penggalian dan promosi lokasi wisata di desa supaya dapat menjadi paket wisata tematik. Para wisatawan yang dapat ke Desa Penyarang dapat mengunjungi objek wisata Julang Ngadeg. Di sini, pengunjung dapat melihat tebing jurang yang sangat curam sehingga menjadi pemandangan yang indah.

Nama InovasiWisata Desa Tematik
PengelolaPemerintah Desa Penyarang
AlamatDesa Penyarang, Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah
KontakSaryono
Telepon+62-813-2713-0376

Dari sana, bisa berlanjut ke Purut. Para wisatawan dapat menikmati wisata air terjun yang terdapat Goa Gogor. Usai dari Gua Gogor, pengunjung bisa menuju Curug Luhur, disana ada air terjun dengan ketinggian 50 meter. Airnya sangat jernih dan bersih, aliran air belum terkontaminasi oleh sampah sehingga memberi suasana yang lebih nyaman.

Bagi penyuka wisata air, Desa Penyarang masih memiliki objek wisata Curug Go’ong yang tak kalah indah dari dua destinasi wisata sebelumnya.

Bagi pencinta ziarah, Desa Penyarang memiliki Panembahan Cisagu. Panembahan Cisagu merupakan makam tua Adipati Anom dan Adipati Sepuh di era Kerajaan Jawa. Kondisi makam tua itu masih sangat terawat karena dijaga oleh juru kunci yang masih keturunan ke 12 dari sang adipati.

Di sekeliling Panembahan Cisagu itu ada tanah kas desa seluas 7 hektar. Pemerintah Desa Penyarang merencanakan perbaikan sarana dan prasarana olahraga sehingga memudahkan anggota masyarakat yang ingin berolahraga maupun menonton layar tancap. Selain itu, pada anggaran 2018, Desa Penyarang akan membangun area terabas (grestrek) untuk para pencinta motor hutan.

Sekitar kantor Desa Penyarang sudah terdapat pasar desa tradisional sebagai pusat kegiatan ekonomi masyarakat. Sebelahnya ada lapangan luas yang biasa dijadikan sebagai tempat camping/kemah oleh anak sekolah. Ke depan, area ini dapat disulap menjadi bumi perkemahan.

Di Desa Penyarang juga banyak terdapat hamparan ilalang yang dapat diolah menjadi jamu tradisional akar ilalang.

Narto, Pendamping Desa Kecamatan Sidareja, Kabupaten Cilacap.